Pembelajaran Audio Visual CD Interaktif Terhadap Keterampilan Menyimak

Abstract

Tidak disadari keterampilan menyimak tidak begitu diperhatikan oleh sekolah.Sekolah hanya terfokus kepada anak menulis dan membaca untuk bekal mereka memasuki sekolah yang lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran audio visual CD untuk anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan menggunakan metode perkembangan Borg and Gall. Tahapan pengembangan meliputi lima tahapan : analisis kebutuhan, perencanaan pengembangan produk awal, pengujian terbatas, revisi hasil uji produk. Analisis kebutuhan dilkukan dalam penelitian ini untuk mengetaui apakah media pembelajaran Audio Visual CD Ineraktif layak digunakan. Dari hasil penilaian bahwa pengembangan media pembelajaran audio visual CD Interaktif  ”Sangat Layak” digunakan. Hasil penilaian Guru I sebesar 96%, penilaian Guru 2 sebesar 98%, penilaian Guru 3 sebesar 96%, penilaian Guru 4 sebesar 92%. Rata-rata seluruh penilaian Guru 95%  dari hasil penilaian bahwa pengembangan media pembelajaran audio visual CD Interaktif”Sangat Baik” digunakan.