ETIKA BISNIS DALAM PERSFEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM

Abstract

ABSTRAKBisnis dengan semua hal yang terjadi dalam kehidupan orang setiap hari secara luas. Banyaknya bisnis dan beragamnya motif dan orientasi bisnis serta semakin kompleksnya masalah bisnis, terkadang membuat bisnis terjebak untuk mencoba apa saja untuk mencapai tujuannya, apalagi jika tujuannya hanya untuk mencari keuntungan dan keuntungan semata. Sehingga sering terjadi tindakan negatif, yang akhirnya menjadi kebiasaan dalam perilaku bisnis. Jika demikian, tidak jarang bisnis diidentikkan dengan perbuatan kotor, karena terdapat perilaku berbohong, khianat, ingkar janji, menipu dan menipu orang lain. Artikel ini menjelaskan bagaimana hubungan antara dunia bisnis dengan etika bisnis Islam. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan kajian kepustakaan atau library research. Kesimpulan dalam artikel ini yaitu konsep bisnis secara Islami harus didasarkan pada etika Islam yang bersumber dari Al-Qur'an dan Sunnah Nabi Muhammad. Secara umum, etika bisnis adalah disiplin normatif, di mana standar etika tertentu dirumuskan dan kemudian diterapkan. Itu membuat penilaian khusus tentang apa yang benar atau salah, artinya, itu membuat klaim tentang apa yang harus dilakukan atau apa yang tidak boleh dilakukan.ABSTRACTBusiness with all the things that happen in people's lives every day at large. The number of businesses and the variety of motives and business orientations as well as the increasingly complex business problems, sometimes make businesses trapped to try anything to achieve their goals, especially if the goal is only to seek profit and profit. So negative actions often occur, which eventually become habits in business behavior. If so, it is not uncommon for businesses to be identified with dirty deeds, because there are behaviors of lying, treason, breaking promises, deceiving, and deceiving others. This article describes the relationship between the business world and Islamic business ethics. The method used in this article is a qualitative method with a library research approach. The conclusion in this article is that the concept of Islamic business must be based on Islamic ethics derived from the Qur'an and the Sunnah of the Prophet Muhammad. In general, business ethics is a normative discipline, in which certain ethical standards are formulated and then applied. It makes specific judgments about what is right or wrong, that is to say, it makes claims about what to do or what not to do.