RAGAM MENU, HARGA, DAN LOKASI : PENGARUHNYA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN RESTORAN?
Abstract
Pertumbuhan bisnis kuliner di Indonesia menunjukkan perkembangan yang pesat dan memiliki prospek menjanjikan dimasa mendatang. Sejalan dengan fenomena tersebut, persaingan semakin ketat dan masyarakat menjadi semakin kritis dalam memilih restoran yang disukai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ragam menu, harga, dan lokasi berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Untuk menjelaskan pertanyaan tersebut peneliti melakukan penelitian di Resto Balai Redjo Pamekasan. Penelitian ini mengonfirmasi data yang dikumpulkan dari 40 responden yang diperoleh dengan menggunakan teknik non-probability sampling yaitu teknik sampling insidental. Kemudian dilakukan analisis terhadap data-data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif. Analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji hipotesis lewat uji F dan uji t serta uji analisis koefisien determinasi (R2). Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh variable (ragam menu, harga, dan lokasi) secara simultan memengaruhi secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Secara parsial dilakukan t-test yang menghasilkan kesimpulan bahwa variable lokasi berpengaruh dominan terhadap loyalitas pelanggan. Dengan demikian setiap pengelola restoran diharapkan untuk memilih dan menentukan tempat yang strategis agar mampu memenuhi selera pelanggan dan memenangkan persaingan. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui bagaimana detail lokasi yang diharapkan oleh konsumen.