Penilaian Sikap Sosial pada Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Negeri 2 Yogyakarta

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui alternatif solusi mengatasi kendala dalam Penilaian Sikap Sosial pada anak berkebutuhan khusus di SLB Negeri 2  Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain deskriptif. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi yaitu pengecekan data dari berbagai sumber dengan berbagai cara dan waktu. Analisis data yang digunakan model interaktif yakni pengumpulan data, reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian Pelaksanaan penilaian sikap sosial pada anak berkebutuhan khusus di SLB Negeri 2 Yogyakarta, Tahun Pelajaran 2018/ 2019 dilakukan oleh guru kelas dengan cara melakukan pengamatan secara langsung, rutin dan konsisten dengan menggunakan lembar observasi. Kemudian guru kelas mengidentifikasi hal-hal yang berhubungan dengan sikap sosial sesuai dengan masing masing indikatornya, yaitu indikator sikap jujur, sikap disiplin, sikap tanggung jawab, sikap toleransi dan sikap gotong-royong. Untuk mempermudah hasil penilaian sesuai kompetensinya guru kelas menggunakan teknik penilaian diantaranya : a) Tes. b) Observasi, c) Tes lisan, d) Penilaian 10 Portofolio, e) Jurnal. f) Inventori, g) Penilaian diri, dan h) Penilaian antar teman. 2) Kendala dalam pengembangan