Estetika Pojok Baca Ruang Kelas Anak Usia Dini
Abstract
Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pengamatan terkait tingkatan pengamatan estetika dalam sebuah ruangan kelas yang memiliki pojok baca. Pojok baca merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh anak disetiap waktu luang disaat jam istirahat atau disaat pembelajaran yang berpusat di pojok baca untuk membaca buku yang telah disediakan di rak tersebut. Dalam hal ini permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini mengenai bagaimana pandangan penulis terhadap estetika suatu ruangan tersebut yaitu pojok baca yang sudah ditemukan berbagai ragamnya dari sumber google picture dan youtube dengan melakukan pengamatan sesuai dengan tingkatan estetika 1 sampai tingkatan estetika 3. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi literatur yang bahan penelitian didapatkan dari studi kepustakaan hasil membaca dan mencatat sehingga hasil penelitian adalah kelima objek tersebut memiliki keindahan yang menarik dan berbeda tentunya dengan dilengkapi oleh unsur-unsur dan komponen-komponen terhadap masing-masing gambar yang menjadikannya tampak menjadi estetik sesuai dengan tingkatan estetikanya.