Meningkatkan Kualitas Pendidikan Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Kontekstual dengan Pendekatan Merdeka Belajar
Abstract
Kualitas pendidikan di Indonesia masih perlu ditingkatkan, salah satunya pada lembaga pendidikan anak usia dini. Adanya problematika yang terjadi pada pendidikan di Indonesia yaitu dalam pelaksanaan proses pembelajaran yang hanya berorientasi pada guru yang menyebabkan anak kurang mandiri dalam menyelesaikan suatu permasalahan dan anak menjadi kurang kreatif. Kemudian guru yang menyampaikan pembelajaran hanya dengan teori tanpa adanya media pembelajaran sehingga anak kurang memahami makna dari apa yang disampaikan. Penulis menggunakan metode penelitian studi literatur, dan mengambil data dari buku, artikel, internet, dan sumber informasi lain yang relevan. Hasil dari kajian literatur mengenai peningkatan kualitas pendidikan anak usia dini melalui pembelajaran kontekstual dengan pendekatan MERDEKA BELAJAR yaitu diharapkan dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Inti dari pembelajaran kontekstual dengan pendekatan merdeka belajar yaitu pembelajaran yang menghubungkan antara teori dengan kehidupan nyata sehingga memberikan pembelajaran lebih konkrit dan bermakna, dan juga memberikan kebebasan kepada anak untuk mencari dan memecahkan suatu permasalahan dalam proses pembelajaran baik secara kelompok maupun individu sehingga dapat meningkatkan kemandirian dan kreativitas anak.