Problematika dan Inovasi Pembelajaran Pada Masa Pandemi Di TK Assalam

Abstract

COVID-19 merupakan pandemi yang menyebar hampir keseluruh belahan dunia termasuk Indonesia. Dengan adanya pandemi ini menyebabkan pola pendidikan menjadi berubah sehingga sistem pembelajaranpun ikut berubah dari menggunakan sistem luring menjadi daring.  Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui problematika dan inovasi yang dapat dilakukan pada pembelajaran dimasa pandemi COVID-19. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan teknik observasi yang dilaksanakan di TK Assalam. Adapun metode yang digunakan dalam penyusunan artikel jurnal ini peneliti menggunakan metode deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa pendidik mempergunakan metode home visit sebagai penanggulangan bagi siswa yang orang tuanya terkendala mengenai pengaplikasian internet dan alat multimedia, pendidik melakukan kegiatan pembelajaran secara berkelompok yang disesuaikan dengan daerah anak sebagai upaya untuk mengoptimalkan pembelajaran, terbukanya akses komunikasi antara pendidik dan orang tua sebagai penangulangan ketidak mampuan orang tua berperan menjadi seorang pendidik dan Kegiatan pembelajaran tidak difokuskan pada RPPH dalam upaya menanggulangi keterbatasan sarana dan prasarana di rumah siswa.