PENGARUH KECERDASAN EMOSI DAN RELIGIUSITAS TERHADAP KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA REMAJA DI SMA NEGERI 12 SEMARANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesejahteraan psikologis, kecerdasan emosi, dan religiusitas dan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosi dan religiusitas terhadap kesejahteraan psikologis pada remaja di SMA Negeri 12 Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan populasi berjumlah 1296 siswa SMA Negeri 12 Semarang. Selanjutnya dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling maka diperoleh sampel sejumlah 279 siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah skala Skala Kecerdasan Emosi, Skala Religiusitas, dan Skala Kesejahteraan Psikologis. Validistas uji dengan mengunakan rumus product moment dan reliabilitas menggunakan rumus alpha dan untuk menganalisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesejahteraan emosi, kecerdasan emosi, dan religiusitas berada dalam kategori tinggi. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai nilai signifikansi untuk pengaruh kecerdasan emosi dan religiusitas terhadap kesejahteraan psikologis adalah sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai F hitung 158,862 > F tabel 3,028725648, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kecerdasan emosi dan religiusitas terhadap kesejahteraan psikologis dengan besarnya pengaruh kecerdasan emosi dan variabel religiusitas terhadap kesejahteraan psikologis adalah sebesar 53,5%.