HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA DENGAN KEMATANGAN KARIER SISWA SMK
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan berlandaskan pada fakta di lapangan yang memperlihatkan bahwa sebagian siswa SMK di Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang belum mampu membuat perencanaan karier secara tepat dan sesuai dengan tahap perkembangan kariernya. Padahal siswa lulusan SMK dirancang untuk menjadi lulusan yang siap bekerja dan bersaing didunia kerja. Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan informasi tentang tingkat masing-masing variabel dan hubungan antar variabel. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif ex-post facto dengan desain korelasional. Hasil analisis deskriptif memperlihatkan tingkat kecerdasan emosional, dukungan sosial keluarga, dan kematangan karier siswa SMK berada pada kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan kematangan karier, terdapat hubungan positif dan signifikan antara dukungan sosial keluarga dengan kematangan karier, serta terdapat hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan dukungan sosial keluarga dengan kematangan karier.