ANALISIS KOMUNIKASI KELUARGA SISWA PELAKU BULLY DI MTSN 2 ACEH BESAR

Abstract

Perilaku bullying yang ditampilkan oleh siswa di sekolah salah satu penyebabnya adalah komuniksi keluarga yang kurang hangat dan kurang efektif. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana komunikasi keluarga siswa pelaku bully. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilakukan pada siswa/i MTsN 2 Aceh Besar kelas VIII yang berjumlah 5 subjek, yaitu RM, IA, AA, DR, dan NR. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah teknik analisis konten (content analysis) dengan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Pelaksanaan penelitian dilakukan secara langsung. Adapun hasil penelitian yang diperoleh dari 5 responden dapat digambarkan bahwa komunikasi keluarga yang terjalin antara anak dan orang tua masih kurang hangat dan kurang efektif. Hal ini dapat dilihat dari komunikasi yang terjadi antara anak dan orang tua hanya sebatas berbicara atau bertanya hal yang penting saja, tindakan orang tua yang tidak mendiskusikan keputusan dengan anaknya terlebih dahulu, orang tua dominan mencari kesalahan dan kurang fokus pada solusi, dan bahkan anak merasa orang tua masih kurang optimal dalam menghargai dan mendengarkan anak.