MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MIN 1 PURBALINGGA
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengungkapkan tentang perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini dilakukan di MIN 1 Purbalingga, pada bulan Maret sampai Juni 2021. Informan dalam penelitian adalah kepala madrasah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi. Analisis data menggunakan model Miles & Huberman, yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran dilakukan oleh para guru dengan membuat silabus, program tahunan, program semesteran, KKM, alokasi waktu, rencana pelaksanaan pembelajaran, program remidi dan pengayaan. (2) Pelaksanaan pembelajaran dilakukan oleh para guru, meliputi kegiatan pendahuluan (apersepsi), kegiatan inti (meliputi ekplorasi, elaborasi dan konfirmasi) dan kegiatan akhir. Guru menggunakan media pembelajaran dan menerapkan variasi metode pembelajaran. (3) Evaluasi pembelajaran dilakukan oleh guru maupun oleh kepala madrasah. Guru melakukan sistem penilaian berupa proses pembelajaran dan hasil belajar yang di dalamnya menyangkut tiga ranah yaitu: kognitif, psikomotorik, dan afektif. Kepala madrasah melakukan supervisi secara berkala untuk membantu peningkatan kinerja guru.