PENGARUH MODEL BRAIN BASED LEARNING TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SEKOLAH DASAR

Abstract

Model pembelajaran Brain Based Learning (BBL) membangun pengetahuan siwa yang dilandasi struktur kognitif yang telah dimiliki serta didasarkan pada cara otak bekerja sehingga pembelajaran dapat diserap oleh otak secara maksimal. Penelitian bertujuan untuk  mengetahui pengaruh model BBL terhadap pembentukan karakter siswa di sekolah dasar. membentuk karakter adalah kewajiban bukan saja dilakukan saat lahir, melainkan ketika sang buah hati berada dalam kandungan. Selain itu, guru khususnya di Sekolah Dasar memiliki kewajiban yang sama dalam membentuk karakter. Dalam prosesnya, guru perlu menggunakan pendekatan pendidikan karakter berbasis otak (neurosains). Penelitian ini menggunakan kulalitataif yang didasarkan pada kajian pustaka. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa pendidikan yang berkualitas adalah pendidikan yang mampu membentuk karakter peserta didiknya. Pendidikan karakter lebih efektif jika menggunakan pendekatan otak (neurosains), karena mengubah karakter dimulai dengan mengubah otak siswa.