UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (PIT) PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 KEBUMEN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model PIT (Pembelajaran Inkuiri Terbimbing) dalam meningkatkan minat dan hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas kelas VIII-A yang berjumlah 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: Model PIT (Pembelajaran Inkuiri Terbimbing) dapat meningkatkan minat dan hasil belajar mata pelajaran IPA peserta didik kelas VIII. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan rata-rata skor minat belajar IPA kelas VIII-A SMP Negeri 1 Kebumen yaitu pada kondisi awal sebesar 76,57, pada siklus I sebesar 82,53, pada siklus II sebesar 89,43 dan pada siklus III sebesar 99,23. Sedangkan peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari peningkatan rata-rata hasil belajar peserta didik yaitu nilai pada kondisi awal sebesar 69,58, pada siklus I sebesar 82,78, pada siklus II sebesar 85,83, dan pada siklus III sebesar 91,67. Persentase kenaikan hasil belajar peserta didik yang mencapai nilai di atas KBM = 80 pada kondisi awal sebesar 20%, pada siklus I sebesar 66,67%, pada siklus II sebesar 83,33% dan pada siklus III mencapai 100%.