DIALEKTIKA MODEL KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN ISLAM DARI BERBAGAI PERSPEKTIF DI ERA DISRUPTIF

Abstract

Artikel ini mengurai persolan dialektika model kepemimpinan pendidikan dari berbagai perspektif di era disruptif. Kepemimpinan adalah salah satu persolan yang krusial dalam pengelolaan pendidikan. Belum meratanya mutu pendidikan baik tingkat pusat maupun di daerah menjadi pekerjaan rumah yang masih harus diselesaikan dunia pendidikan. Standar Nasional Pendidikan yang telah dirumuskan secara ekplisit untuk dicapai sebagai ambang batas Sekolah atau Madrasah masih terjebak pada pemenuhan administrasi saja. Kegiatan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan rencana tindak lanjut dari Program Kerja Sekolah belum mencerminkan kebutuhan warga sekolah. Dibutuhkan seorang pemimpin pendidikan yang memiliki kualifikasi dan kompetensi yang sesuaiĀ  untuk membawa Sekolah atau Madrasah menjadi unggul di era disruptif ini. Pemahaman yang utuh tentang model kepemimpinan yang tepat dari para pemimpin pendidikan menjadi salah satu pengetahuan penting dari seorang pemimpin untuk mampu meningkatkan Mutu Pendidikan lembaga yang dipimpinnya. Berdasarkan latar belakang di atas tulisan ini menyajikan berbagai model kepemimpinan pendidikan dari perspektif teologis, perspektif psikologi filosofis, sosiologi dalam rangka meningkatkan kualitas kepemimpinan pendidikan tersebut di era disruptif.