PEMBERDAYAAN GURU PAUD DALAM PENGENALAN LITERASI BAHASA ASING MENGGUNAKAN METODE BERNYANYI BERBASIS NILAI-NILAI ASWAJA SE-LAMPUNG TENGAH
Abstract
Kegiatan PKM pemberdayaan guru PAUD dalam pengenalan literasi bahasa asing menggunakan metode bernyanyi berbasis nilai-nilai aswaja se-lampung tengah, dilatar belakangi oleh beberapa hasil temuan yang menunjukan masih lemahnya penguasaan kebahasaan guru-guru yang mengenal bahasa asing secara baik. Selanjutnya minat mereka terhadap hal tersebut sebagai salah satu materi ajar dalam meningkatkan kemampuan akademik siswa berbanding terbalik dengan latar belakang mereka yang berasal dari disiplin ilmu yang berbeda. Hal diataslah yang mengarahkan tujuan pendampingan ini bermuara, dimana pengenalan literasi bahasa asing (Inggris dan Arab) perlu dilakukan dengan beberapa langkah pengabdian disisipkan atas tujuan tertentu. Sebut saja metode bernyanyi dan muatan islam ahlusunnah wal jama’ah. Metode bernyanyi dipakai sebagai salah satu aktifitas vital yang banyak dipakai dan disukai oleh guru dan siswa, sedangkan muatan aswaja an-nahdliyah dipilih sebagai landasan penting, mendasar dan urgent untuk diberikan sedini mungkin dalam mencetak generasi bangsa modern yang moderat. Metode ABCD (Aset Community Based Development) dipilih melalui langkah-langkah Discovery (menemukan), Dream (impian), Design (merancang), Define (menemukan) dan Destiny (melakukan). Melalui metode ini, penemuan aset dan potensi mengarahkan pada pengadaan kegiatan berupa seminar dan pelatihan sampai menghasilkan produk berupa buku kumpulan lirik dan video yang telah di unggah di situs berbagi video youtube.