PENERAPAN MEREK DAN DIGITAL MARKETING DALAM PRODUKSI PANGAN BERAS DESA BANJARSARI
Abstract
Tujuan dari Pengabdian ini adalah meningkatkan pengetahuan para petani di desa Banjarsari mengenai merek dan membantu mengembangkan pangsa pasar dalam mengenalkan produk beras dengan menerapkan Digital Marketing dengan memanfaatkan teknologi. Pengabdian ini ditujukan kepada masyarakat (petani) di desa Banjarsari. Solusi yang ditawarkan adalah 1) Memberikan sosialisasi bagi masyarakat di desa Banjarsari mengenai kondisi perilaku konsumen di masa pandemi agar dapat menyikapi kondisi dan memanfaatkan peluang yang ada; 2) sosialisasi mengenai pentingnya merek sebagai identitas suatu produk sehingga dapat digunakan sebagai media pemasaran secara offline maupun online; dan 3) membuat desain merek dan produksi cetak kemasan serta memberikan pelatihan Digital Marketing sehingga akses penjualan semakin meningkat. Hasil dari kegiatan ini adalah 1) sosialisasi dan penyuluhan terkait pengetahuan mengenai kondisi dan perilaku konsumen di masa pandemi serta memanfaatkan peluang yang ada dengan menerapkan Digital Marketing berjalan dengan lancar terlihat dari antusias dan termotivasinya peserta dalam mengikuti kegiatan; 2) Beras yang sudah memiliki merek sendiri, sehingga konsumen dan masyarakat lebih mudah untuk mengenali produk beras dan dedak padi dari desa Banjarsari; dan 3) Selain itu para petani juga sudah memiliki pelanggan di luar kota karena mempromosikan produk beras tersebut ke sosial media sehingga menambah segmentasi pasar mereka serta meningkatkan pendapatan para petani.