EFEKTIVITAS PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 TAKENGON ACEH TENGAH
Abstract
Tujuan penelitian tentang efektivitas penerapan Total Quality Management di MIN 1 Takengon, Aceh Tengah, Aceh adalah untuk mengetahui bagaimana pola penerapan Total Quality Management di sekolah tersebut. Meskipun masih ada kekurangan dan kendala, akan tetapi lembaga tersebut secara terus menerus melakukan perbaikan. Penelitian tersebut dilakukan dengan pendekatan kualitatif, yang mana penelitian tersebut berbasis pemahaman dengan didasarkan pada metodologi penelitian dan pemahaman yang berdasarkan pada metodologi yang menyelediki gejala-gejala sosial dan fenomena yang terjadi di masyarakat. Studi kasus dipilih sebagai jenis penelitian yang tepat untuk digunakan dalam penelitian tersebut. Hasil penelitian mengungkapkan Total Quality Managemen di MIN 1 Takengon Aceh Tengah sangat efektif terus berupaya dengan maksimal untuk menerapkan Total Quality Management dengan terus berinovasi dan melakukan pengembangan dalam proses belajar mengajar, untuk menghasilkan lulusan yang bermutu, serta terus berusaha memberikan dan meningkatkan mutu layanan. Hal tersebut ditandai dengan begitu tinggi antusias dari masyarakat tiap tahunnya untuk menyekolahkan anaknya ke MIN 1 Takengon Aceh Tengah. Peningkatan mutu layanan madrasah diwujudkan dalam bentuk rencana strategis dan rencana operasional madrasah yang terdiri dari visi, misi, dan tujuan, menjaga standar mutu yang telah ditetapkan melalui proses pembelajaran di kelas dan di luar kelas, ataupun pembelajaran yang bersifat membentuk karakter siswa sesuai ajaran Islam.