PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR GENERASI Z DI SMK NEGERI 1 BASO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar generasi Z di SMKN 1 Baso. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Terdapat dua informan dalam penelitian ini yaitu informan utama dan informan pendukung. Informan utama dalam penelitian ini adalah siswa sebanyak lima orang dan satu orang pustakawan dan informan pendukung adalah guru. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik pengabsahan yang meliputi triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) perpustakaan SMKN 1 Baso sebagai sumber belajar generasi Z sudah menjalankan perannya secara baik dengan segala keterbatasan yang ada yaitu kekurangan sumber daya dari beberapa aspek seperti koleksi dan sarana prasarana. (2) Perlu perhatian lebih dari pimpinan sebagai penentu kebijakan untuk terciptanya perpustakaan sekolah yang ideal dan sesuai dengan kebutuhan informasi generasi Z yang menyukai hal berbau teknologi. (3) pimpinan di SMKN 1 Baso harus lebih meningkatkan dan memperhatikan support system yang berkaitan dengan perpustakaan sebagai sumber belajar.