ANALISIS KUALITAS LAYANAN E-RESOURCES TERHADAP KEPUASAN PEMUSTAKA DI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NEGERI PADANG BERDASARKAN METODE WEBQUAL 4.0 DAN E-S-QUAL
Abstract
Kepuasan pemustaka merupakan hal yang penting bagi UPT Perpustakaan Negeri Padang. Salah satu faktor yang dapat meningkatkan kepuasan pemustaka adalah dengan penerapan layanan e-resources yang baik untuk mempermudah pemustaka mendapatkan informasi secara digital, tampa batasan waktu dan tempat. Namun, berdasarkan wawancara dan observasi awal masih terdapat pemustaka yang merasa belum puas dengan kualitas layanan e-resources UPT Perpustakaan Negeri Padang. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana pengaruh kualitas layanan e-resources UPT Perpustakaan Negeri Padang terhadap kepuasan pemustakanya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan menerapkan metode Webqual 4.0 dan E-s-qual sehingga terdapat 25 pertanyaan yang terdiri dari 5 dimensi variabel, yaitu usability, information quality, service interaction quality, System Availability dan User satisfaction. Untuk memperoleh data dilakkan dengan cara peneybaran quisioner dilakukan secara online kepada responden. Berdasarkan temuan penelitian menunjukan variabel kepuasan pengguna (user satisfaction) terhadap kualitas layanan e-resources memiliki skor rata-rata sebesar 3.10, bahwa kepuasan pengguna terhadap kualitas layanan e-reources tergolong pada kategori baik. Dan Berdasarkan pengujian koefisien determinasi melalui uji regresi linear berganda memiliki nilai sebesar 56 %. Jadi, kualitas layanan e-resources menggunakan metode webqual 4.0 dan e-s-qual berpengaruh sebanyak 56% terhadap kepuasan pengguna di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Padang, sedangkan sisanya sebesar 44% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.