Implementasi media game Role Playing Game (RPG) untuk meningkatkan motivasi siswa pada mata pelajaran Akhlak Sehari-hari

Abstract

      Akhlak sehari-hari umumnya disamakan dengan budi pekerti, kesusilaan, sopan santun dalam bahasa Indonesia dan tidak berbeda pula dalam arti kata moral, ethic dalam bahasa inggris. Akhlak adalah suatu sifat yang tertanam dalam diri manusia sejak lahir dan selalu ada padanya Al-Qur’an sehingga baik atau buruknya akan memantul pada diri sendiri sesuai dengan pembentukan dan pembinaan.       Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara merencanakan game edukasi dengan menggunakan materi pelajaran yang terdapat di sekolah dan bagaimana cara implementasi serta dampak apa yang akan ditimbulkan dari hasil bermain game edukasi  yang telah dibuat.       Penelitian yang diteliti ini adalah game edukasi yang digunakan sebagai media baru dikarenakan media konveksional sudah mulai dikeluhkan oleh para siswa serta media game edukasi ini diuji cobakan untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar.       Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskripsi yaitu penelitian yang digunakan untuk menganalisis suatu keadaan/kondisi yang bersifat objektif serta  kekurangan pemahaman peneliti dalam menggunakan metode kuantiatif yang berhubungan dengan angka dan angket dalam penelitian.       Hasil penelitian membuktikan bahwa game edukasi yang dibuat dan di implementasikan dapat memotivasi belajar siswa karena game edukasi  dapat meningkatkan fokus serta meningkatkan pengetahuan siswa terhadap materi yang disampaikan yang mampu diterapkan secara langsung.       Maka dapat disimpulkan game edukasi yang dibuat dengan menggunakan materi akhlak sehari-hari dapat menjadi media pendamping baru yang bisa digunakan guru untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar, game edukasi yang dibuat dapat langsung di implementasikan oleh guru kepada siswa dengan menggunakan komputer atau handphone dan dampak yang dihasilkan dapat langsung terlihat.