STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGAJAR UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA
Abstract
Guru merupakan tenaga pendidik yang sangat penting dalam menentukan proses kegiatan pembelajaran di sekolah. Oleh karena itu untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan dari awal, guru diharapkan memiliki beberapa strategi pembelajaran yang bisa menggugah siswa untuk belajar dengan senang dan nyaman berada di kelas. Tujuan pendidikan yang maksimal diperlukan adanya suatu strategi guru dalam meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas SD Al Amanah, untuk mengetahui pelaksanaan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas 3 SD Al Amanah, untuk mengetahui apa saja faktor penghambat dan pendukung strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas 3 SD Al Amanah. Untuk menunjang keberhasilan guru dalam mengajar, diperlukan usaha-usaha yang tepat dan benar, baik dalam perencanaan dan pelaksanaan mengunakan metode, model, yang tepat dan benar. Dalam menunjang keberhasilan dan pencapaian strategi guru dalam meningkatkan minat belajar di lihat dari perencanaan, pelaksanaan, dan faktor penghambat serta pendukung keberhasilan dalam mengembangkan strategi pembelajaran agar mampu meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran untuk tercapainya suatu tujuan yang telah ditentukan. Penelitian dilakukan di siswa kelas 3 SD Al Amanah Baleendah, penelitian ini termasuk deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan dengan observasi lapangan melalui wawancara dengan pihak yang bersangkutan mengenai masalah yang diteliti serta melakukan pengamatan langsung terhadap model, metode yang dilakukan pada saat melaksanakan pembelajaran. Permasalahan yang muncul dalam penelitan ini ialah dari segi bahan ajar yang digunakan karna keterbatasan bahan dan alat dalam pembelajaran dan dalam segi pengaplikasian dalam keseharian siswa, metode yang dilakukan juga harus lebih bervariatif karena siswa kelas 3 lebih cepat bosan jika metode yang digunakan hanya mengunakan metode yang di ulang-ulang. Implikasi penelitian ini, di harapkan dapat memberi rekomendasi bagi guru PAI untuk dapat meningkatkan minat belajar siswa khususnya di kelas 3 SD Al Amanah.