Pengaruh Kreativitas Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
Abstract
: Pendidikan merupakan salah satu aspek yang fundamental bagi setiap manusia dalam kehidupannya. Salah satu pilar utama dalam Pendidikan adalah guru. Guru langsung berhadapan dengan peserta didik untuk mentrasfer ilmu pengetahuan dan juga menjadi teladan bagi peserta didik. Guru harus memikirkan dan membuat perencanaan secara seksama dalam meningkatkan kesempatan belajar bagi siswanya dan juga meningkatkan kualitas mengajarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kreativitas guru Pendidikan Agama Islam dan juga mengetahui minat belajar siswa kelas XI di SMK Profita Pajagalan Bandung, sekaligus juga untuk mengetahui pengaruh dari kreativitas guru terhadap minat belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Profita Pajagalan Bandung. Guru harus memiliki kreativitas dalam penyampaian materi pembelajaran. Kreativitas guru dalam penyampaian materi ini akan menumbuhkan minat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Minat dalam diri siswa akan memudahkan siswa dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. Oleh karena itu, tantangan bagi guru adalah bagaimana menumbuhkan minat belajar dalam diri siswa. Upaya untuk menumbuhkan minat belajar siswa ini adalah dengan melalui kreativitas dalam penyampaian materi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif, yaitu meneliti berdasarkan analisa data hasil kuesioner. Metode pengujian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah uji korelasi Pearson Product Moment dan dilanjutkan dengan uji regresi sederhana. Pengolahan data hasil kuesioner dilakukan dengan menggunakan software Statistical Package for Social Sciences (SPSS). Pengujian ini menggunakan sampel responden sebanyak 30 orang, dengan margin of error α = 0,05. Data diperoleh dari responden dengan menggunakan angket yang berisi pertanyaan-pertanyaan menggunakan skala Likert. Untuk melengkapi data angket juga dilakukan wawancara dengan guru dan kepala sekolah SMK Profita Pajagalan dan juga observasi langsung ke lokasi sekolah. Hasil uji korelasi berupa koefisien signifikan adalah sebesar 0,048, sehingga bisa disimpulkan ada hubungan yang signifikan antara kreativitas guru dan minat belajar siswa. Lalu hasil rhitung menunjukkan hasil 0.464, sehingga bisa disimpulkan bahwa hubungan antara kreativitas guru dan minat belajar siswa berada dalam tingkatan kuat. Hasil pengujian uji regresi sederhana menghasilkan rumus regresi Y=53.49 + 0.464X, yang menunjukkan bahwa jika tidak ada kreativitas, maka tingkat minat belajar siswa adalah sebesar 53.49, dan akan meningkat sebesar 0.464 setiap kali kreativitas guru bertambah 1 poin.