Persepsi Investor Pemula Terhadap Pembelian Saham Syariah di Indonesia
Abstract
Pasar modal telah menjadi fenomena baru di kehidupan masyarakat dunia. Dalam memutuskan berinvestasi di pasar modal, banyak faktor yang mempengaruhi, seperti persepsi atas risiko, return, ataupun nilai sesuai syariat Islam. Penelitian ini didasarkan pada fenomena masalah persepsi oleh investor yang akan berinvestasi di pasar modal, terutama dalam pembelian saham Syariah dari berbagai sudut pandang investor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji dan mengembangkan sejauh mana persepsi investor pemula dalam membeli saham Syariah di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis data yang digunakan adalah data primer. Teknik pengumpulan datanya yaitu mengambil sampel untuk wawancara lebih lanjut dengan sejumlah responden yang berjumlah 17 investor dari berbagai sekuritas. Sehingga peneliti dapat mengumpulkan pemecahaan permasalahan yang dialami oleh seorang investor dalam pembelian saham syariah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi investor pemula terhadap pembelian saham Syariah di Indonesia dilihat dari beberapa indikator, seperti neutral information, accounting information, dan social relevance, yang mana ketiga indikator tersebut menghasilkan persepsi oleh investor pemula, yaitu kegiatan perusahaan berdasarkan prinsip-prinsip Syariah, sebagai bentuk dukungan dalam memajukan perekonomian Indonesia, dan pola berfikir fundamental. Sehingga akan memberikan pengaruh kepada investor pemula dalam pengambilan keputusan terhadap pembelian saham Syariah di Indonesia.