Etika Agen Asuransi Allianz Syariah Dalam Memasarkan Produk Asuransi Jiwa Pada PT. Asuransi Allianz Kota Palu
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana etika agen asuransi Allianz syariah dalam memasarkan produk asuransi jiwa pada PT. Asuransi Allianz Kota Palu, kemudian untuk mengetahui bagaimana prespektif ekonomi Islam tentang etika agen asuransi Allianz syariah dalam memasarakan produk asuransi jiwa pada PT. Asuransi Allianz syariah Kota Palu. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan maka dapat diketahui bahwa etika agen asuransi Allianz Syariah kota Palu dalam memasarakan produk tidak ada pelatihan khusus dari perusahaan tentang asuransi syariah, namun para agen diberi beberapa persyaratan dan diperkuat dengan kode etik agen dari Allianz berupa buku panduan. Strategi pemasaran produk asuransi jiwa pada PT. Asuransi Allianz Kota Palu menurut ekonomi Islam belum berjalan dengan baik sesuai dengan prinsip-prinsip Ekonomi Islam karena ada beberapa pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan mulai dari perekrutan keagenan sampai dengan sistemnya yang kurang diperhatikan oleh perusahaan.