Strategi Pemasaran UMKM KUB Berkah di Desa Karang Asem pada Era New Normal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran UMKM KUB Berkah di Era New Normal. Berbeda dengan strategi pemasaran pada era normal seperti sebelumnya, saat Indonesia dilanda virus Covid 19 ekonomi di Indonesia menurun begitu pula dengan UMKM turut merasakan penurunan dari ekonomi ini. Maka terdapat strategi lain yang digunakan UMKM KUB Berkah di Era New Normal agar mampu bersaing dan konsisten di dunia bisnis usaha. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM KUB berkah melakukan penerapan strategi pada Era New Normal dengan cara memperbanyak distributor, memberikan diskon harga pada tiap produknya, mangaktifkan kembali onlineshop yang sebelumya pernah dikelola dengan memaksimalkan kemampuan Sumber Daya Manusia mengenai IT dan Fintech, memanfaatkan promosi melalui generasi millenial.