Analisis Motif Driver Ojek Online Dalam Menjalin Lebih Dari Satu Kemitraan Perspektif Etika Bisnis Islam Di Kota Palu
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa motif driver ojek onlineĀ dalam menjalin lebih dari satu kemitraan, persfektif etika bisnis Islam. Jenis penelitian ini adalah pustaka dengan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data dengan tehnik wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motif driverĀ ojek online dalam menjalin lebih dari satu kemitraan di Kota Palu ada empat yaitu, tuntutan ekonomi, pendapatan yang lumayan, Tidak adanya peraturan dan perjanjian yang melarang dan mengikat serta kurangnya pengawasan. Motif driver dalam menjalin lebih dari satu kemitraan karena dilihat dari hubungan kerja antara driver dengan perusahaan berbentuk kemitraan yangtidak terikat dan tidak adanya klausul yang mengatur. Penelitian yang menganalisa sebab driver ojek online dalam memilih lebih darisatu kemitraan, persfektif etika bisnis Islam, belum ada dilakukan.