Pelatihan Aplikasi Edmodo Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Exact Media Center Kota Padangsidimpuan

Abstract

Pembelajaran merupakan hal yang utama dalam sebuah institusi pendidikan, sehingga proses pembelajaran yang baik akan menghasilkan lulusan yang baik pula. Pasca terjadinya penyebaran Covid-19 semua kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat dibatasi dengan cara menerapkan PPK M secara berkala. Hal ini tidak hanya berdampak pada kegiatan social, bidang Pendidikan pun ikut lumpuh. Keadaan ini tentu saja perlu diperbaiki dengan meningkatkan sarana pembelajaran jarak jauh (Daring) melalui penerapan sistem e-learning. Minimnya pengetahuan penggunaan e-learning membuat para tentor dan siswa kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran daring. Tujuan kegiatan pengabdian ini dilakukan dalam bentuk pelatihan mulai dari pengenalan terhadap aplikasi e-learning yaitu edmodo sistem kelola pembelajaran, kemudian bagaimana cara menggunakan aplikasi tersebut dengan berbagai fitur-fitur untuk memudahkan bagi tentor dan siswa dalam penyampaian materi. Metode pelaksanaan pengabdian ini dilakukan dengan melalui beberapa tahap yaitu, sosialisasi, pelatihan, praktik dan monitoring. Target kegiatan ini adalah tentor dan siswa EMC di Kota Padangsidimpuan. Hasil evaluasi kegiatan pelaksanaan pelatihan ini menunjukan bahwa kegiatan ini bermanfaat untuk menunjang proses belajar mengajar di bimbel EMC. Pelatihan ini diharapkan mampu meningkatkan keterampilan tentor dan siswa dalam menggunakan media e-learning Edmodo, dan kesimpulan dalam kegiatan ini adalah ilmu dalam penggunaan media e-learning edmodo bagi tentor dan siswa, sehingga diharapkan kedepannya tentor-tentor di EMC dapat menggunakan media e-learning sebagai penunjang kegiatan pembelajaran.