Website Omah Tinom Jogja sebagai Media Pengenalan Jenis Usaha dan Pemasaran Online

Abstract

Omah Tinom Jogja merupakan usaha persewaan joglo untuk berbagai kegiatan masyarakat. Akhir tahun 2020, Omah Tinom Jogja menambah jenis usaha dengan membuka kuliner yang bertajuk ‘makanan dan minuman tempo dulu’ serta persewaan homestay di lokasi yang sama. Permasalahan yang dihadapi adalah grand opening yang digelar pada Desember 2020 terkendala aturan pembatasan pergerakan masyarakat oleh pemerintah terkait pandemi covid19. Kondisi ini mengakibatkan dampak diberbagai kegiatan masyarakat, termasuk keberlangsungan jenis usaha masyarakat pada semua skala. Kebijakan pemerintah membuat berbagai kegiatan masyarakat bergerak ke arah ruang virtual dengan memanfaatkan teknologi informasi, pelaku usaha juga harus hadir dalam ruang virtual untuk memperkenalkan jenis usaha dan pemasaran produk. Dengan mempertimbangkan kondisi dan fakta maka Omah Tinom Jogja mengambil solusi yang ditawarkan oleh Tim PkM FTI UMBY untuk memanfaatkan teknologi informasi sebagai media pengenalan jenis usaha dan strategi pemasaran secara online. Sebuah website bagi Omah Tinom Jogja dikembangkan untuk lebih cepat mengenalkan jenis usaha Omah Tinom Jogja kepada masyarakat.