DETERMINAN VARIABEL WORD OF MOUTH (WOM) DAN ISLAMIC BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PROPERTI SYARIAH (THE MATA RESIDENCE KABUPATEN GOWA)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif Deskriptif. Data yang digunakan bersifat primer dengan menggunakan kuesioner dan observasi. Metode analisis yang digunakan adalah Uji regresi linear berganda. Populasi dalam penelitian ini ialah semua konsumen yang melakukan pembelian perumahan syariah The Mata Residence di Kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa, sedangkan sampel yang dimanfaatkan dalam penelitian ini sebanyak 50 responden. Secara parsial hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Word of Mouth (WoM) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian perumahan syariah The Mata Residence di Kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa. (2) Islamic Brand Image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian perumahan syariah The Mata Residence di Kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa. (3) Word of Mouth (WoM) dan Islamic Brand Image secara bersama-sama/simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian perumahan syariah The Mata Residence di Kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa. WoM dan islamic brand memberikan kontribusi pada keputusan pembelian, selama ini perumahan The Mata Residence tidak terjadi adanya denda atau sita jika terjadi penundaan pembayaran. Sehingga, dalam mengatasi masalah tersebut untuk para pencari rumah sebelum membeli properti syariah, cek terlebih dahulu karena dikhawatirkan momentum justru akan dimanfaatkan para pengembang nakal yang ingin mendapatkan keuntungan pribadi atau merusak nama syariah. Konsumen harus berhati-hati jangan sampai niatnya syariah tapi malah tertipuĀ  dikemudian hari.