PENGARUH EDUKASI TERHADAP MINAT BERINVESTASI PASAR MODAL SYARIAH BAGI KAUM MILENIAL DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji adanya pengaruh edukasi terhadap minat berinvestasi di pasar modal syariah bagi kaum milenial di era revolusi industri 4 0. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif dengan terjun langsung ke lapangan (field research). Populasi pada penelitian ini adalah kaum milenial atau gen z. Sampel pada penelitian ini diambil secara random dengan jumlah 96 responden. Untuk teknik analisis data yang digunakan adalah dengan uji regresi linier sederhana berupa uji t menggunakan program SPSS 21. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket atau kuesioner melalui google form. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa edukasi berpengaruh signifikan terhadap minat berinvestasi di pasar modal syariah bagi kaum milenial di era revolusi industri 4.0.