Perancangan Kelas Desain Interior dalam Membentuk Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

Abstract

Perancangan desain interior kelas ini menggunakan pendekatan pengabdian kepada masyarakat. Perancangan interior ruang kelas dilakukan di TK Al Hikmah NU Tuban yang telah dibatasi pada elemen interior terutama pada penataan kelas, menghias kelas atau lay out, mengecat dinding kelas, furniture dan mempertimbangkan pemilihan warna secara psikologis yang disesuaikan dengan kegiatan yang ada di dalam kelas. Tema PKM desain interior menggunakan tema alam semesta dan alat transportasi. Tidak terdapat mural dan lukisan dinding disetiap sudut sekolah dan beberapa pembahasan lainya yang mana hal tersebut dapat menghsilakn suasana sekaolah TK yang nayaman serta terkesan alami.  Tujuan dari Pengabdian Kepada Masyarakat di TK Al Hikmah Muslimat NU Tuban ini untuk membantu Lembaga dalam merancang interior kelas yang bersifat edukatif dan rekreatifnsesuai dengan tumbuh kembang anak, sehingga aktivitas belajar siswa bisa membuat suasana yang nyaman sekaligus menarik bagi siswa. Penelitian yang digunakan ini adalah penelitian kualitatif, dengan mengambil TK Al hikmah Muslimat NU Sidorejo Tuban sebagai obyek penelitian. Untuk pengumpulan data dilakukan dengan cara mengamati dan melihat pada desain interior, wawancara dengan kepala sekolah, Pendidik, dan dokumentasi di TK Al Hikmah Muslimat NU Sidorejo Tuban.