Pola Asuh Orang Tua terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini

Abstract

Bahasa merupakan salah satu kemampuan yang menandakan anak memiliki kecerdasan yang mudah untuk dilihat dan dinilai, karena anak yang lancar dalam penggunaan bahasa akan mudah dalam melakukan komunikasi dan bergaul dengan teman-teman sebayanya. Perkembangan bahasa ini sendiri tidak lepas dari cara atau tatakelola orangtua dalam melakukan pengasuhan terhadap anaknya. Dengan adanya kemampuan bahasa yang dimiliki oleh anak, anak juga akan menjadi bertambah pengetahuan dan wawasannya serta memahami apa yang diinginkan oleh pihak lainnya. Untuk lebih mengenalkan lagi bagaimana pengaruh pola asuh terhadap perkembangan bahasa anak khususnya pada usia 4-6 tahun, maka dilakukan kegiatan yang dilaksanakan dengan melakukan seminar dengan media zoom, sebelum melaksanakan webinar maka dilakukan penetapan peserta beserta jumlahnya, kemudian peserta mendaftarkan diri melalui google form yang link-nya di sebarkan melalui watshaap,  dan facebook yang dihadiri oleh 30 peserta yang terdiri dari orangtua peserta didik, guru-guru Paud, mahasiswa Paud dan para pemerhati paud itu sendiri. Dengan adanya pola asuh yang diterapkan oleh masing-masing orangtua tentu memiliki dampak kepada perkembangan bahasa anak itu sendiri. Perlu dilakukan pengasuhan yang terarah, bertanggungjawab, tidak dengan tekanan, dengan perasaan yang aman, nyaman sehingga anak-anak dalam perkembangannya merasakan rasa disayangi, merasa dihargai sehingga menumbuhkan kesadaran dan tanggungjawab pada anak.