Strategi Komunikasi Strategi Komunikasi Pada Pelayanan Kesehatan Masyarakat Umum (Studi Kasus Rumah Sakit Sultan DG. Radja Bulukumba)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi komunikasi pada pelayanan kesehatan masyarakat umum di Rumah Sakit Sultan Dg. Radja Bulukumba serta untuk mengetahui hambatan-hambatan penerapan strategi komunikasi komunukasi terhadap pelayanan kesehatan masyarakat umum pada Rumah Sakit Sultan Dg Radja Bulukumba. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian  kualitatif. Adapun tipe penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif. Kemudian pendekatan yang digunakan adalah studi kasus. Pendekatan tersebut dilakukan kepada orang-orang yang terkait dengan kegiatan pelayanan kesehatan masyarakat umum  pada Rumah Sakit Sultan Dg. Radja Bulukumba.  Metode pengumpulan data yang penulis gunakan dalam  penelitian ini adalah dokumentasi, wawancara,  dan observasi.   Berdasarkan hasil penelitian dan Pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa strategi komunikasi pelayanan kesehatan masyarakat umum pada Rumah Sakit Sultan Dg. Radja Bulukumba adalah mengenal khalayak dengan cara menganalisis kebutuhan khalayak, memahami dan mengerti keadaan khalayak serta memberikan masukan dengan menggunkan bahasa yang mudah dipahami oleh khayak. Kemudian penyusunan pesan yaitu melalui tahap pra interaksi guna mengetahui latar belakang pasien untuk mempermudah dalam proses penyampaian pesan. Sedangngkan penetapan metode pesan yang disampaikan oleh petugas, yaitu komunikasi verbal dan non verbal. Komunikasi verbal yaitu dorongan perawat kepada pasien dengan menggunakan bahasa lisan atau ucapan sedangkan komunikasi non verbal yaitu dorongan yang diberikan oleh perawat kepada pasien dengan menggunakan bahasa tubuh atau gerakan tubuh. Adapun hambatan-hambatan penerapan strategi komunukasi terhadap pelayanan kesehatan masyarakat umum pada rumah Sakit Sultan Dg Radja Bulukumba adalah adanya keterbatasan jumlah sumber daya manusia serta sarana dan prasarana. Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Pelayanan Kesehatan