Strategi Komounikasi Dakwah Masjid Nujumul Ittihad

Abstract

Penelitian ini dilaksanan di Masjid Nujumul Ittihad dengan tujuan untuk mengetahui strategi dakwah di Masjid Nujumul Ittihad di Era Pandemi serta faktor penghambat dakwah pengelola Masjid Nujumul Ittihad di Era Pandemi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian ekploratif dengan menggunakan metodologi kualitatif. Dalam penelitian ini peneliti akan terjun langsung ke lapangan untuk menggali data terkait dengan strategi komunikasi ataupun komunikasi dakwah Masjid Nujumul Ittihad di era pandemik. Sedangkan pendekatan yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan konstruktivis dengan metode riset terdiri atas observation non partisipant, dept interview dan analisis isi kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi dakawah yang dilakukan di Masjid Nujumul Ijtihad adalah melaluiĀ  proses seleksi dai. Adapun jumlah dai yang telah ditetapkan sebanyak 32 orang yang bertugas dalam menjalankan kegiatan dakwah sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan seperti pengajian rutin dan khutbah jumat. Selain itu penggunaan media sosial sebagai sarana dakwah belum sepenuhnya dimanfaatkan dengan baik oleh para dai. Adapun kegiatan dakwah yang dilakukan hanya sebatas tulisan di facebook dan whatshap group. Adapun faktor penghambat dakwah pengelola Masjid Nujumul Ittihad di Era Pandemi adalah adanya pembatasan jumlah jamaah jika mengikuti kegiatan dakwah secara tatap muka. Selain itu jamaah harus menyesuaikan dengan protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak, dan lain-lain. Sementara untuk penggunaan media sosial sebagai sarana dakwah juga memiliki hambatan utamanya bagi para dai yang masih memiliki keterbatasan dalam penggunaan teknologi informasi.