PENGEMBANGAN STRATEGI DAKWAH PADA MASYARAKAT MARGINAL
Abstract
Karakteristik masyarakat yang berbeda membuat strategi dakwah yang digunakan oleh seorang da’i menjadi berbeda pula. hal ini dilaksanakan agar nilai-nilai dalam ajaran Islam dapat tersampaikan dengan efektif dan efisien kepada mad’u.Terkhusus dakwah di kalangan masyarakat marginal tentunya dimulai dengan strategi, metode, materi, media dan karakteristik seorang da’i pun akan berbeda. Dalam penelitian ini membahas tentang bagaimana strategi dakwah pada masyarakat marginal. Dimana pada umumnya masyarakat marginal memiliki karakteristik yang sifatnya khusus yang memerlukan sebuah sentuhan dakwah yang bisa membawa perubahan ke arah yang lebih maju. Adapun hasil penelitian ini menjelaskan bahwa pengembangan strategi dakwah dalam masyarakat marginal dapat dilaksanakan dengan menggunakan langkah strategi melalui langkah praksis dan juga melalui pembinaan berupa bimbingan, arahan dan pendampingan, dan memberikan pemahaman serta penjelasan tentang agama Islam berlandaskan al-Qur'an dan al-Hadits secara benar, menjalin kerjasama dalam bidang organisasi-organisasi keagamaan (organisasi Islam) dan ulama/kyai dalam rangka pengembangan dakwah Islam melalui strategi dakwah dengan metode hikmah, metode bil-lisan, metode wal mujadalah billati hiya ahsan dan metode bil-hal dan juga melalui pendekatan kajian tentang keislaman dan melalui pendekatan sosial yang merupakan aktualisasi dari dakwah.