Pengembangan Permainan Berbasis Macromedia Flash dalam Menangkal Radikalisme pada Anak

Abstract

Globalization has an impact on tools, communication, information, and jobs that are different and more sophisticated than before especially technology. The impact of technology on children is its use for things that apply over time, such as playing online games. Actually game also has a positive impact such as training in problem solving and also refreshes the mind from various activities carried out in addition to counteracting radicalism. This study describes the process and results of developing a game based on macromedia flash in countering radicalism in children. This research method uses the ADDIE model which consists of analysis, design, development, implementation, and evaluation. Data was collected using validity sheets, practicality sheets and questionnaires. Meanwhile, the data analysis used in this study refers to three aspects, namely validity, practicability, and effectiveness. The resulting product is a game based on macromedia flash with valid, practical, and effective criteria. The learning media is valid with a value of 4.5 which has a valid assessment, practical with a value of 4.33 which has practicality, and is effective in terms of children's responses related to religious tolerance with a value of 89.20% which has very positive criteria. [Globalisasi berdampak terhadap alat bantu, komunikasi, informasi, dan pekerjaan yang berbeda serta lebih canggih dari zaman sebelumnya khususnya teknologi. Dampak teknologi bagi anak yakni pemanfaatan untuk hal-hal yang justru menyita waktu seperti misalnya bermain game online. Namun sejatinya permainan juga memberikan dampak positif seperti pelatihan dalam pemecahan masalah dan juga penyegar pikiran dari berbagai macam aktivitas yang dilakukan selain juga untuk menangkal radikalisme. Penelitian ini mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan permainan berbasis macromedia flash dalam menangkal radikalisme pada anak. Metode penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri analyze, desain, development, implementation, dan evaluation. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar kevalidan, lembar kepraktisan dan angket. Sementara analisis data yang digunakan dalam penelitian ini mengacu kepada tiga hal aspek yakni validitas, praktikabilitas, dan efektifitas. Produk yang dihasilkan yakni permainan berbasis macromedia flash dengan kriteria valid, praktis, dan efektif. Media pembelajaran dikatakan valid dengan nilai sebesar 4,5 yang memiliki penilaian valid, praktis dengan nilai sebesar 4,33 yang memiliki penilaian praktis, dan efektif dilihat dari respon anak terkait toleransi beragama dengan nilai sebesar 89,20% yang memiliki kriteria sangat positif]