ANALISIS KETERPAKAIAN KURIKULUM PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA FTIK IAIN LANGSA PADA DUNIA KERJA ALUMNI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kesesuaian dan menganalisis kekurangan kurikulum yang sedang berlaku pada Prodi Pendidikan Matematika FTIK IAIN Langsa dengan tuntutan stakeholder. Rancangan penelitian adalah rancangan survey dengan pedekatan kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah alumni Prodi Pendidikan Matematika FTIK IAIN Langsa di beberapa kabupaten kota yaitu Kota Langsa, Kabupaten Aceh Tamiang, Kabupaten Aceh Timur, serta beberapa kabupaten di provinsi Sumatera Utara dan Riau. Sampel merupakan mahasiswa yang memiliki akses internet karena pengumpulan data menggunakan link google form. Pemilihan Kabupaten tersebut, didasarkan pada banyaknya alumni Pendidikan Matematika yang sudah bekerja maupun kemudahan menjangkau daerah-daerah tersebut. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang terdiri dari 18 item pernyataan. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan Kurikulum prodi Pendidikan Matematika sudah sesuai kebutuhan stakeholder dalam dunia kerja, dan terdapat beberapa matakuliah yang perlu dilakukan perubahan sesuai dengan tuntutan stakeholder yakni mata kuliah pilihan khusus untuk matematika sekolah, matematika peminatan, matematika perguruan tinggi (pascasarjana) dan lainnya untuk mempersiapkan alumni untuk berkiprah sesuai keinginannya. Dengan demikian perlu peninjauan mata kuliah pilihan seperti Pemecahan Masalah dan Pemodelan Matematika serta pengembangan beberapa mata kuliah seperti Metode Numerik yang sesuai dengan tuntutan di lapangan. Kata Kunci: Analisis Kurikulum, Prodi Pendidikan Matematika, dan Dunia Kerja Alumni