PENERAPAN PENDEKATAN PMR DALAM MENEMUKAN KONSEP LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME TABUNG PADA SISWA SMP

Abstract

Salah satu materi yang dipelajari di sekolah menengah pertama adalah materi bangun ruang sisi lengkung yang membutuhkan pendekatan pembelajaran yang sesuai agar konsep yang dipelajari dapat dipahami dengan baik oleh siswa. Penguasaan konsep yang dimiliki oleh siswa dalam menyelesaikan soal penerapan bangun ruang tabung belum sepenuhnya dikuasai oleh siswa. Siswa hanya menghafal rumus luas dan volume tabung sehingga pemahaman siswa tentang konsep materi bangun ruang tabung masih belum menunjukkan hasil yang baik. Penelitian ini bertujuan menerapkan pendekatan PMRI dalam menemukan konsep luas permukaan dan volume tabung. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian merupakan siswa SMP yang dibagi menjadi 2 kelompok. Data pada penelitian ini diperoleh dari wawancara dan hasil pengerjaan LKPD. Data yang dikumpulan kemudian di analisis terhadap penerapan pendekatan PMRI. Pembelajaran dalam peneitian ini terdiri dari empat aktivitas, yaitu menemukan unsur tabung dengan melapisi kaleng menggunakan kertas untuk menemukan kosep luas permukaan tabung, menemukan konsep luas permukaan tabung tanpa tutup, menemukan konsep volume tabung dengan potongan lilin, dan menyelesaikan masalah kontekstual. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui serangkaian aktivitas yang telah dirancang dapat membantu siswa dalam memahami konsep luas permukaan dan volume tabung dengan menggunakan media yang ada di sekitar kita sehingga terjadi pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan.