ANALISIS METAKOGNITIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH INTEGRAL

Abstract

Abstrak Metakognitif siswa kelas XII Multimedia SMK Negeri 1 Sungai Penuh dari 15 siswa kelas XII Multimedia SMK Negeri 1 Sungai Penuh ada beberapa tingkatan metakognisi yaitu: a. tacit use, b. aware use, c. strategic use, dan d. reflective use. Adapun yang memiliki pola pikir tacit use yaitu 6 orang siswa, ada 4 siswa yang memiliki pola pikir aware use, dan 5 orang siswa memiliki pola pikir strategic use dan tidak ada siswa yang memiliki pola pikir reflective use pada materi integral. Adapun jenis-jenis metakognitif yang dialami oleh siswa adalah: a. tidak mampu mengetahui apa yang ia ketahui; b. tidak mampu mengurutkan apa yang akan ia lakukan; c. mampu menganalisis suatu masalah tahu menentukan langkah awal dan langkah penyelesaian; d. mengevaluasi hasil yang didapatkan benar atau salah Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa metakognitif siswa kelas XII Multimedia masih dalam kategori sedang. Kata kunci: metakognitif siswa, materi integral. Abstract Metacognition of class XII Multimedia students of SMK Negeri 1 Sungai Penuh from 15 students of class XII Multimedia of SMK Negeri 1 Sungai Penuh there are several levels of metacognition, namely: a. tacit use, b. aware use, c. strategic use, and d. reflective use. As for those who have a tacit use mindset, there are 6 students, there are 4 students who have an aware use mindset, and 5 students have a strategic use mindset and no students have a reflective mindset use on integral material. The types of metacognitive experienced by students are: a. unable to know what he knows; b. unable to sort out what he is about to do; c. able to analyze a problem knows to determine the initial steps and steps to completion; d. evaluate the results obtained are true or false From the description it can be concluded that the metacognitive of class XII Multimedia students is still in the medium category. Keywords: student metacognitive, integral material.