Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Berkaitan dengan Konsep Pecahan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah peserta didik dalam menyelesaikan soal berkaitan dengan konsep pecahan. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian deskriptif kualitatif dengan sampel dalam penelitian yang berjumlah 7 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara. Hasil analisis deskriptif data penelitian, diperoleh bahwa kemampuan pemecahan masalah peserta didik secara umum berada pada kriteria baik dengan rata-rata nilai 71, dengan frekuensi 4 peserta didik yang mendapatkan nilai dengan kriteria sangat baik, 1 peserta didik dengan kriteria baik, 2 peserta didik dengan kriteria kurang sekali serta pada kriteria cukup dan kurang tidak ada. Hasil analisis data juga menunjukkan bahwa indikator pemecahan masalah yang dominan adalah indikator 2, dimana indikator ini merupakan indikator tertinggi yang dicapai peserta didik dalam pemecahan masalah matematika yang berkaitan dengan konsep pecahan.