Efektivitas Model Pembelajaran RME Berbantuan Catur terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Materi Matriks

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan catur terhadap hasil belajar peserta didik materi matriks. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif, dimana pendekatan ini digunakan untuk mengkaji populasi atau sampel khusus, metode pengumpulan data dengan menggunakan instrumen penelitian, dan evaluasi data kuantitatif atau statistik untuk menguji hipotesis tertentu. Subjek penelitian ini terdiri dari 57 siswa, kelas X TAB 1 sebanyak 27 siswa, dan kelas X TAB 2 sebanyak 30 siswa. Metode sampel menggunakan Sampling Purposive, dimana dalam pengambilan sampel tidak dipilih berdasarkan stratifikasi, pemilihan acak, atau wilayah khusus, tetapi didasarkan pada pertimbangan peneliti. Setelah data di uji dengan teknik uji regresi linier dan uji N Gain, hasil penelitian ini terlihat bahwa peningkatan hasil belajar setelah penerapan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan catur pada materi matriks, dapat dicapai dengan menunjukkan rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen adalah 91,73 dan kelas kontrol adalah 78,48. Selain itu, Keefektifan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan catur terhadap hasil belajar peserta didik materi matriks pada kelas eksperimen adalah 0,669 dan kelas kontrol adalah 0,321. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran RealisticMathematics Education berbantuan catur lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematics Education saja.