Pengaruh Kompetensi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Dan Motivasi Guru Di MTS Darul Istiqamah Bulukumba

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi kepala sekolah terhadap kinerja dan motivasi guru di MTS Darul Istiqamah Bulukumba. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survei dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah populasi dan sampel adalah 10 orang data yang dikumpulkan dalam penelitian ini diperoleh dari angket yang diberikan kepada kepala sekolah dan guru di MTS Darul Itiqamah Bulukumba, dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS 16 For Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi kepala sekolah berpengaruh terhadap kinerja guru MTs Darul Istiqamah Bulukumba. Hal itu berdasarkan data hasil penelitian yang telah diolah dalam program IBM SPSS 20, dimana nilai t-hitung sebesar 3,893 sementara nilai t tabel sebesar 1,145. Oleh karena nilai t hitung > t tabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya terdapat pengaruh kompetensi kepala sekolah terhadap kinerja guru MTs Darul Istiqamah, kompetensi kepala sekolah berpengaruh terhadap motivasi guru MTs Darul Istiqamah Bulukumba. Hal itu berdasarkan data hasil penelitian yang telah diolah dalam program IBM SPSS 20, dimana nilai t-hitung sebesar 8,044 sementara nilai t tabel sebesar 0,887. Oleh karena nilai t hitung > t tabel maka H0 ditolak dan H1 diterima, Besaran Pengaruh kompetensi kepala sekolah dengan nilai konstanta sebesar 26,816 atau 0,268 terhadap kinerja guru sebesar 0,193 atau 19,3%. Artinya bahwa disetiap kompetensi kepala sekolah terimplementasi sebesar 26,8% akan berpengaruh terhadap kinerja guru sebesar 19,3%. Sementara besaran pengaruh kompetensi kepala sekolah dengan nilai konstanta sebesar 26,816 atau 0,268 terhadap motivasi guru  sebesar 0,70%. Artinya bahwa disetiap kompetensi kepala sekolah terimplementasi sebesar 26,8% akan berpengaruh terhadap kinerja guru sebesar 70%.