Pengaruh Kinerja Musyawarah Guru Mata Pelajaran dan Pelatihan Guru Terhadap Kompetensi Pedagogik
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja musyawarah guru mata pelajaran dan pelatihan guru terhadap kompetensi pedagogik guru di SMP Kecamatan Bulu kumpa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex post facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun jumlah populasi sekaligus sampel yaitu sebanyak 17 orang. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini diperoleh dari angket yang diberikan kepada guru PAI di SMP Bulukumpa, dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS 16 For Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1)Kinerja musyawarah guru mata pelajaran tidak berpengaruh terhadap kompetensi pedagogik guru PAI di SMP Bulukumpa, Hal ini terlihat dari hasil pengolahan data SPSS dimana nilai signifikannya 0,373>0,05. 2) ada pengaruh pelatihan guru terhadap kompetensi pedagogik guru PAI di SMP Bulukumpa. Hal ini terlihat dari hasil pengolahan data SPSS dimana nilai signifikannya 0,023>0,05. 3) Secara simultan kinerja musyawarah guru mata pelajaran dan pelatihan guru memiliki pengsruh terhadap kompetensi pedagogik guru PAI di SMP Bulukumpa.