MODEL PEMBELAJARAN YANG MENYENANGKAN BERBASIS GAYA BELAJAR PADA PESERTA DIDIK

Abstract

Guru sebagai salah satu keberhasilan dari implementasi kurikulum yang harus mempersiapkan diri,  memahami berbagai konsep dan model pembelajaran. Model pembelajaran yang menyenangkan, kreatif dan menarik lebih disarankan untuk diterapkan selama proses pembelajaran. Karena keberagam kemampuan peserta didik dalam menyerapkan materi, tidak sedikit peserta didik mengalami kesulitan belajar akibat pengajaran yang konvensional. Selain itu, terdapat karakteristik dalam belajar yang berkaitan dengan menyerap, mengolah serta menyampaikan informasi belajar adalah gaya belajar. Gaya belajar merupakan modalitas belajar yang sangat penting. Tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana penerapan konsep-konsep pembelajaran yang menyenangkan berbasis gaya belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu studi kepustakaan (library research), sehingga sebagian besar literatur yang dipakai untuk menggali sumber datanya berasal dari bahan-bahan pustaka dan referensi lain yang relevan seperti buku dan jurnal. Hasil penelitian ini adalah model pembelajaran yang diterapkan pada pembelajaran yang menyenangkan berbasis gaya belajar diantaranya adalah model Brain Based Learning, Model Role Playing, Make A Match, Black Knight, PAIKEM, POE (Predict-Observe-Explaint), Game dan Humor.