Hakikat Manajemen Dakwah
Abstract
Abstract[English]: Da'wah in the millennial era must now include the virtual dimension and data, by developing a bi-al-oral, bi-al-hall model and hasanah want'idhah together with bi-da'wah and e-da'wah models. Because the challenges in da'wah are very wide, good Da'wah management is needed. The purpose of this study is to describe the rights of preaching management angels. This type of research is a literature study (Library Research). Da'wah management is a series of processes that run continuously in regulating or managing preaching activities to run according to plan and on target. The optimal achievement of the missionary purpose can only be realized by managing the propaganda activity. Da'wah management has 6 functions, i.e. functions as a da'wah planning which includes forecasting or prediction of future conditions and objectives or objectives; see the opportunities and relevance of the da'wah content, establish the procedures for da'wah activities, make da'wah time schedules, determine locations, and prepare funds.Abstrak[Indonesia]: Dakwah di era milenial saat ini harus mencakup dimensi maya dan data, dengan mengembangkan model dakwah bi al-lisan, bi al-hall dan mau’idhah hasanah bersama dakwah bi al-kitab dan e-dakwah. Oleh sebab tantangan dalam berdakwah sangat luas maka diperlukan manajemen dakwah yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hakaikat manajemen dakwah. Jenis penelitian ini adalah studi pustaka (Library Reseacrh). Manajemen dakwah adalah serangkaian proses yang berjalan secara berkesinambungan dalam mengatur atau memenej aktivitas dakwah agar berjalan sesuai dengan rencana dan tepat sasaran. Tercapainya tujuan dakwah secara optimal hanya dapat terwujud dengan cara memanaj aktivitas dakwah. Manajemen dakwah memiliki 6 fungsi, yaitu fungsi sebagai perencanaan dakwah yang di dalamnya mencakup forecasting atau prediksi kondisi mad’u di masa mendatang dan objectives atau tujuan; melihat peluang dan relevansi konten dakwah, menetapkan prosedur kegiatan dakwah, membuat time schedul dakwah, menentukan lokasi, dan menyiapkan dana.