Metode Menghafal dan Memahami al-Qur’an bagi anak usia dini melalui Gerakan Isyarat ACQ
Abstract
Keberadaan al-Qur’an sebagi pedoman hidup wajib untuk dipelajari dan diajarkan bagi seluruh umat manusia tiada lain untuk mencapai derajat takwa dan keselamatan dunia akhirat. Maka penting memberikan pengetahuan dan edukasi tentang al-Qur’an pada anak usia dini sebagai bekal pada anak untuk mencetak generasi Qur’ani. Masa anak usia dini adalah masa keemasan yang merupakan pertumbuhan dan perkembangan sangat pesat. Untuk menciptakan generasi qur’ani yang bisa memahami dan menghafal al-Qur’an Sangat diperlukan metode-metode yang aktif dan atraktif agar dapat menyentuh seluruh aspek perkembangan anak usia dini. Dalam tulisan ini, penulis termotivasi untuk menjelaskan suatu metode pengajaran al-Qur’an dengan menggunakan metode gerakan isyarat tangan disertai mulut yang mudah, menyenangkan dan aplikatif untuk semua tingkat usia khususnya dikalangan anak-amak usia 4 sampat 12 tahun. Metode ini disebut metode ACQ (Aku Cinta Al-Qur’an) dengan harapan agar dapat dijadikan pertimbangan bagi pengajar atau lembaga taman pendidikan al-Qur’an dalam pembelajaran anak usia dini