Pengaruh E-Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Agama Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-learning terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah pengetahuan komputer program studi pendidikan agama islam iain palopo. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dalam bentuk Pretest-posttest control group design dengan jumlah populasi 60 orang digunakan sebagai sampel. Data penelitian diperoleh dengan teknik dokumentasi dan tes pengetahuan. Teknik dokumentasi digunakan untuk memperoleh data dan informasi berupa jumlah dan hasil belajar mahasiswa, serta  tes pengetahuan diberikan pada awal (pre tes) dan akhir (post tes) pertemuan. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar mahasiswa untuk pre test kelas eksperimen sebesar 77,87, dengan standar deviasi 7,18. Rata-rata hasil belajar mahasiswa pre tes untuk kelas kontrol sebesar 74,27dengan standar deviasi 7,02. Untuk post tes  rata-rata hasil belajar mahasiswa kelas eksperimen sebesar 84, 67 dengan standar deviasi 7,51 dan rata-rata hasil belajar mahasiswa kelas kontrol sebesar 80,93 dengan standar deviasi 5,43. Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah pengetahuan komputer antara kelompok yang diberi perlakuan menggunakan metode konvensional dengan kelompok mahasiswa yang diberi perlakuan dengan menggunakan E-Learning pada program studi pendidikan agama islam IAIN Palopo.