KREASI SENAM CERIA PADA TAMAN KANAK-KANAK (Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia Dini Berbasis Gerak dan Lagu)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa 7 dari 10 anak (70%) dalam kegiatan senam pagi di TK Jumnih terlihat malas bergerak, gerakan tidak teratur dan tidak mampu dengan sempurna mengikuti gerakan percontohan dari instruktor senam (guru). Peneliti melalui penelitian ini berupaya membenahi hal tersebut sekaligus melakukan peningkatan keterampilan motorik kasar melalui modifikasi senam yaitu “senam ceria”. Peneliti melalui model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berhasil melakukan peningkatan keterampilan motorik kasar anak melalui senam ceria. Mean (rata-rata) skor dari keterampilan motorik kasar anak yang berhasil dihimpun dan dianalisis pada di siklus I sebesar 7,2 kategori belum mampu bergerak dan meningkat menjadi 18,25 dengan kategori mampu bergerak dengan baik pada siklus II. Hal ini turut meningkatkan keaktifan siswa dalam kegiatan pemberian tindakan berupa senam ceria dari skor awal sebesar 27% di siklus I dan 97 % pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan senam ceria mampu meningkatkan keterampilan motorik halus pada anak kelompok B TK Jumnih Kota Palopo.