PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN ISLAM ANAK USIA DINI BERBASIS KONTEKSTUAL DALAM MENGAHADAPI REVOLUSI INDUSTRI 4.0
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pembelajaran islam anak usia dini di PAUD Kota Palopo; (2) mendeskripsikan pembelajaran kontekstual; (3) menemukan model faktual pembelajaran berbasis kontekstual; (4) menemukan model pengembangan (draft) pembelajaran islam anak usia dini berbasis kontekstual. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R & D). Pelaksanaan penelitian di PAUD Parama Bunda, Libukang Permai, dan Aisiyah Bustanul Athfal Kota Palopo. Informan dalam penelitian ini adalah pengelola pendidikan, kepala sekolah, pendidik dan pihak-pihak terkait yang menunjang data penelitian. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi partisipatif dan studi dokumentasi. Pengambilan dan pengecekan keabsahan data dengan teknik triangulasi, review informan kunci dan pengecekan dengan anggota. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Pembelajarn anak usia dini di PAUD Kota Palopo secara umum mengacu pada standar pelayanan dalam menyelenggarakan pembelajaran PAUD. Perencanaan pembelajaran berbasis kontekstual yang disusun berupa kurikulum, silabus, program semester, rencana pelasanaan pembelajaran mingguan (RPPM), rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH). Dalam pelaksanaannya, pembelajaran ini terintegrasi dengan pembelajaran kontekstual. Model faktual pembelajaran berbasis kontekstua disampaikan kepada stakeholder yang terlibat untuk mendapatkan respon dan saran perbaikan. Model faktual kemudian direvisi dan diberi pengayaan dalam bentuk model pengembangan (draft) untuk lebih mudah diaplikasikan.