PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN KOTAK MATEMATIKA DI TK. REINA KEC. GALESONG UTARA KABUPATEN TAKALAR

Abstract

Dalam pembelajaran berhitung anak usia dini di Taman Kanak-Kanak sangat membutuhkan alat peraga agar anak tertarik dalam proses belajar dan tidak bosan. Oleh Karena itu diperlukan strategi-strategi dalam proses pembelajaran. Di sinilah kehadiran metode menempati posisi penting dalam menyampaikan bahan pelajaran. Belajar pada hakekatnya merupakan proses kognitif yang mendapat dukungan dari fungsi ranah psikomotor tentu berbeda antara satu peristiwa belajar dengan peristiwa belajar lainnya. Tugas guru dalam hal ini memberi contoh penggunaan strategi yang tepat dalam arti sesuai dengan kepastian umum anak didik dan selaras dengan kebutuhan serta tingkat kesulitan materi yang guru ajarkan kepada mereka sehingga anak didik pahan dan mengerti apa yang diajarakan kepada mereka. Di Taman Kanak-Kanak Reina Kec.Galesong Utara Kab. Takalar masih banyak peserta didik kami yang kemampuan berhitung dalam pengenalan konsep bilangan dengan benda-benda masih rendah oleh karena itu kami membuat rumusan masalah yaitu sebagai berikut: Apakah dengan melalui permainan Kotak Mate-matika dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak TK Reina Kec. Galesong Utara Kab.Takalar? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatan kemampuan berhitung anak dengan permainan kotak matematika. Data penelitian di peroleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, analisis data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam kemampuan berhitung anak dengan menggunakan permainan kotak matematika.